Posted by: permanasidik | July 24, 2010

Ide Segar Bermarketing Dengan Situs Jejaring


Di era yang serba modern ini ternyata mengglobalkan produk-produk Indonesia masihlah sangat sulit. Hal ini dikarenakan banyak sekali para pelaku bisnis Indonesia yang kurang mendalami Internet Marketing dalam memasarkan produk-produk mereka.
Tahukah anda?

Menurut data internet world statistic per maret 2010, negara pengguna internet terbesar saat ini adalah Cina dan diikuti oleh Amerika sedangkan Indonesia berada pada urutan ke 15. Dari sekitar 240 juta jiwa penduduk, pengguna internet di Indonesia tercatat sekitar 25 juta jiwa (lihat statistic red). ini semua tentunya menjadi angin segar bagi para pelaku bisnis Indonesia untuk mulai memasarkan produk-produknya melalui internet marketing. Karena dari data diatas terlihat jelas bahwa Indonesia memiliki peluang pasar yang sangat besar sekali dalam memasarkan produk-produknya di pasar global. Walaupun pemasaran internet indonesia belum bisa menyentuh secara keseluruhan. Tapi hal ini tidak menjadi masalah karena memang dikarenakan karena banyak perusahaan yang membuat portal hanya sekedar untuk company profile saja tanpa memikirkan penerapan design yang menjual dan ramah dengan mesin pencari Google dan Yahoo.
Perlu para pebisnis tahu bahwa ada beberapa Keuntungan pemasaran di internet. Yaitu:
1. Target pasar yang jelas
2. Biaya yang sangat rendah yang dapat kita atur
3. Jangkauan yang sangat luas( global )

Selain itu ada 3 cara berpasar di internet
1. Ppc (pay per clik marketing) memasangkan iklan di search engine google, yahoo, dan lainnya.
2. SEO (Search engine Optimization) yaitu denga mendesign website yang ramah denga mesin pencari sehingga pada saart orang mencai produk atau apa saja lewat mesin pencari google, yahoo denga memasukan kata kunci tertentu maka akan muncu di halaman pertama.
3. Memanfaatkan situs jejaring Facebook Tweeter linkden, my space, dan juga yang lainnya,
(Irijanto ,2009,SME & enterprenership Magazine: Bermarketing Dengan situs Jejaring)
Nah, pada point 3 dijelaskan bahwa cara berpasar di internet adalah dengan situs jejaring. Salah satunya adalah dengan <a href="Komunitas Bisnis Indonesia Online“>frigz.com.
Pada awalnya situs jejaring sosial memang hanyalah digunakan untuk sekedar komunitas biasa yang mengkomunitaskan pertemanan nostalgia ria. Namun ternyata situs-situs jejaring sosial mulai bertransformasi menjadi tempat untuk melakukan kontak bisnis ataupun komunitas-komunitas yang lebih serius. Contohnya adalah dengan frigz.com.
Popularitas situs jejaring di Indonesia kini telah menjadi sebuah fenomena tersendiri. Bayangkan, bagaimana angka pertumbuhan pengguna facebook di Indonesia selama 2008 tercatat hingga 645%. Kemungkinan data itu terus bertambah hingga 2010 sekarang. Angka tersebut akhirnya menjadikan Indonesia sebagi “the fastest growing country on facebook in southeast Asia”. Hingga pertumbuhan pengguna Facebook di China dan India yang merupakan peringkat teratas populasi penduduk di dunia dapat terkalahkan oleh Indonesia.
Para pengguna internet seakan berlomba-lomba untuk menggunakan situs jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini. Saking populernya pada waktu musim pemilu kemaren pun banyak sekali anggota legislatif yang menggunakan layanan ini untuk menarik perhatian banyak orang.
Pernah saya baca dalam sebuah majalah bahwa ada seorang pebisnis yang bernama Burhanudin. Dia adalah seorang pengusaha kafe yag terletak di kawasan pendidikan di daerah Bandung. Upaya perkenalan kafe miliknyajuga dilakukan dengan media situs jejaring. Dari akun pribadi yang dimilikinya, dirinya menyarankan ratusan teman untuk berteman dengan akun yang dibuat secara khusus untuk kafenya. Dengan melalui sarana status update, notification, gambar dan video . Dia menyediakan semuanya dengan menggunakan keterangan tentang menu dari kafe tersebut. Dan akhirnya dia berhasil. (itu semua baru facebook, apalagi di frigz.com y? yang khusus bagi pebisnis)
Ternyata memang tidak heran, kalau perlunya para pelaku bisnis Indonesia memahami dan mengaplikasikan internet marketing dalam memasarkan produk-produk Indonesia ke pasar global sangatlah penting. Dan ini Ini adalah salah satu contoh kecil yang patut ditiru oleh para pelaku bisnis lainnya, yang ingin memasarkan produk mereka ke pasar international.
So, mari kita tunjukan produk-produk dalam negeri ini ke dunia internasional dengan memakai situs jejaring seperti frigz.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: